Sabtu, 12 Februari 2011

definisi psikologi lingkungan

B. Definisi Psikologi Lingkungan
Didalam mendefinisikan psikologi lingkungan terdapat beragam pengertian. Psikologi Lingkungan merupakan cabang ilmu dari psikologi yang mempelajari lingkungan fisik. Psikologi Lingkungan adalah hubungan prilaku manusia dengan lingkungan fisik merupakan definisi dari tokoh Heimstra dan Mc Farling. Menurut Gifford, Psikologi lingkungan adalah sebuah studi yang mempelajari individu dengan seting fisiknya.
Teori yang berorientasi lingkunan dalam psikologi banyak dikaji dalam behavioristik. Teori psikologi lingkungan dipengaruhi oleh tradisi besar maupun diluar psikologi. Ada tiga teori yang disebut dengan Grand Theories yang sering diaplikasikan dalam psikologi lingkungan yaitu teroi kognitif, behavioristik dan medan. Sedangkan bagi Gestalt prilaku manusia diperoleh dari proses-proses persepsi.
Dalam Psikologi lingkungan terdapat teori yang berorientasi lingkungan, salah satu aplikasinya adalah geographical determinant yang memandang prilaku manusia lebih ditentukan oleh faktor lingkungan dimana manusia hidup apakah di pesisir, dipegunugan ataupun di daratan. Averill (dalam Fisher.1984) mengatakan bahwa ada beberapa tipe kontrol terhadap lingkungan yaitu kontrol prilaku, kontrol kognitif, dan kontrol lingkungan.

Sumber : http://avin.staff.ugm.ac.id/data/jurnal/psikologilingkungan_avin.pdf

0 komentar:

Posting Komentar