Minggu, 14 Maret 2010

Tipe –tipe manusia menurut Spranger :

1.Manusia Teori
Seorang manusia teori adalah seorang intelektualis sejati, manusia ilmu. Cita-cita utamanya adalah mencapai kebenaran, hakikat dari pada benda-benda. Tujuan yang dikejar oleh manusia teori adalah pengetahuan yang objektif, sebagai segi lain seperti misalnya soal-soal moral, keindahan dan sebagai nya nterdesak kebelakang. Ia adalah ahli fikir yang logis dan memiliki pengertian-pengertian yang jelas serta membenci segala bentuk kekaburan. Dalam kehidupan sehari-hari ia pecinta kebenaran, konsekuen dan nuchter.

2.Manusia Ekonomis
Orang-orang yang termasuk manusia ekonomis ini selalu akan kaya dengan gagasan-gagasan yang praktis, kurang memperhatikan bentuk tindakan yang dilakukan nya, sebab perhatiannya tertuju kepada hasil dari pada tindakannya itu, hasilnya bagi dirinya sendiri. Manusia golongan ini akan menilai segala sesuatu hanya dari segi keuntungan nya dan nilai ekonomisnya. Dia bersikap egosentris, hidupnya dan kepentinganya sendiri yang penting, dan orang-orang lain hanya menarik perhatiannya selama mereka masih berguna bagi dirinya.

3.Manusia Estetis
Manusia ini menghayati kehidupannya seakan-akan tidak sebagai pemain tetapi sebagai penonton; dia selalu sebagai seorang impresionis, yang menghayati kehidupan secara pasif, disamping itu dia juga sebagai ekspresionis yang mewarnai segala kesan yang diterimanya dengan pandangan jiwa subjektifnya. Manusia estetis berkecenderungan kearah individualism. Hubungan dengan orang-orang lain kurang kekal. Apabila dia tidak asing dari keagamaan, maka rasa keagamaan nya itu mungkin akan memuncak pada pendewaan terhadap keselarasan dalam alam. Baginya yang nomor satu adalh keindahan.

4.Manusia Agama
Hal keagamaan ini terletak dalam pencarian terhadap nilai tertinggi dari pada keberadaan ini; siapa yang belum mantap dengan keadaan ini belumlah mencapai apa yang sehrunya dikejarnya. Dia belum mempunyai dasar yang kuat bagi hidupnya. Sebaliknya siapa yang sudah mencapai titik tertinggi itu akan merasa bebas tentram dalam hidupnya. Bagi seorang yang termasuk dalam golongan ini segala sesuatu dikukur dari segi artinya bagi hidup rohani kepribadian, yang ingin mencapai kesekarasan antar pengalaman batin dengan arti dari pada hidup ini.

5.Manusia Sosial
Sifat utama dari manusia ini besar kebutuhannya akan rasa resonasi dari sesame manusia; butuh hidup diantara manusia-manusia lain dan ingin mengabdi pada kepentingan umum. Nilai yang dipandang sebagai nilai yang tertinggi adalah Cinta terhadap sesame mausia. Baik yang bertuju pada individu tertentu maupun yang tertuju kelompok manusia.

6.Manusia Kuasa
Manusia kuasa bertujuan untuk mengejar kesenangan dan kesadaran akan kekuasaan sendiri dorongan pokoknya adalah berkuasa. Semua nilai-nilai yang lain diabdikan pada nilai yang satu itu. Manusia kuasa mengrjar kekuasaan atas manusia.

Sumber : Buku Psikologi Kepribadian “Drs. Sumadi Suryabrata” hal 89-92.

0 komentar:

Posting Komentar