Sabtu, 27 Februari 2010

anak ADHD sering mengalami kecelakan

"Anak dengan ADHD sering mengalami kecelakaan karena terlalu banyak lari dan memanjat, dikombinasikan dengan perilaku impulsif dan kurang perhatian terhadap bahaya dan peringatan," tuturnya.

Tanpa tindakan dan terapi yang tepat, menurut Dwidjo, anak ADHD mungkin akan gagal dalam sekolah, dan teman-temannya pun akan kesulitan karena si anak kurang dalam hal kerja sama dan melakukan aktivitas sosial. Begitu juga soal jati diri, si anak lebih banyak memiliki kegagalan daripada sukses yang mengundang kritik dari keluarga dan guru yang tidak mengenali masalah kesehatannya.

Proses penyembuhan anak ADHD memerlukan keterlibatan berbagai disiplin ilmu dan para ahli, seperti dokter anak, psikolog, ahli terapi wicara, ahli saraf anak, dan rekam medis. Pada prosesnya, penyembuhan anak hiperaktif harus melibatkan anak, orangtua, guru, dokter, dan tim ahli yang menangani.

"Penyembuhan anak ADHD dilakukan dengan terapi perilaku dan pengobatan medis lewat obat-obatan. Beberapa usaha yang dapat dilakukan orangtua di rumah antara lain membuat pengaturan jadwal kegiatan dengan menerapkan sistem yang rutin, reguler, dan repetition (pengulangan),"

Sumber : http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=225350

0 komentar:

Posting Komentar