Selasa, 11 Mei 2010

Hypnotherapy series : Analisa Setiap Permasalah dengan baik

Selama saya membuka praktek Hypnotherapy dan mengajarkan Hypnotherapy ada saja kasus yang unik. Saya menemukan salah satu kasus klien yang cukup simpel dan kadang bila saya pun diawal karir saya sebagai Hypnotherapist dan Mind Therapist suka tergoda untuk langsung mengeksekusi secara langsung tanpa bertanya lebih lanjut dan lebih dalam.

Karena saking simpelnya, ternyata bukan saya saja yang bisa melakukan itu, bahkan seorang Hypnotherapist yang cukup terkenal di negeri seberang pun bisa melakukan kesalahan yang sama. Kasusnya hanya soal percaya diri dalam public speaking. Na, kebetulan klien saya ini sudah pernah diterapi di negeri seberang dengan salah satu hypnotherapy ternama dan juga instruktur Hypnotherapist terbaik di dunia. Karena mungkin mereka menganggap kasus ini mudah, beliau hanya melakukan sugesti secara langsung dan melakukan object imagery.

Memang sih, dia merasa lebih baik sedikit tetapi masalahnya tidak terselesaikan dengan baik. Lalu, saya mencoba untuk melakukan behavioral assement serta hypno analisis dan ternyata masalahnya tidak disana. Masalahnya ada dimasa kecilnya dia dan segera saya melakukan teknik hypnotherapeutic regresi, informed child technique serta forgiveness therapy serta saya lanjut ke future timelinenya dia. Apa yang terjadi? Dia merasa jauh lebih baik dan lebih baik dari sebelumnya. Dan saya tidak lupa untuk memasukan unsur teknik spinning serta anchor.

Jadi, saya hanya menekankan, sebagai coach atau therapist dalam melakukan proses hypnotherapy kita jangan langsung menjudge permasalahan klien tetapi haruslah menganalisa dengan baik dengan sangat dalam dan lakukan dengan baik hypnoanalisis yang baik. Dan ini yang saya ajarkan disetiap pelatihan saya, karena saya mau setiap peserta training saya benar-benar mendapatkan manfaatnya yang luar biasa pada setiap sesi yang kita kerjakan.

0 komentar:

Posting Komentar